Versi OS pada Android



 Versi OS pada Android

Tipe android semuanya dinamakan dengan nama makanan dari barat yang tersusun secara alphabetis, dan tidak ada nama “gado-gado” pada Android. Seperti kita tahu bahwa versi pertama dari Android yaitu AndroAndroid, tapi apakah Android hanya bertahan pada OS itu? Jawabannya tidak, system operasi Android berkembang versinya guna menambahkan fitur, memperbaiki bug, dan membuat performa Android kita semakin baik.


Berikut versi system operasi android dari yang paling jadul sampai yang paling update:
1.     androAndroid (v1.1)
versi pertama dari Android ini, tampilan yang disuguhkan masih sangat sederhana dan masih terdapat banyak bug atau masalah pada sistemnya. Aplikasi marketnya pun masih sangat sedikit. Namu sudah sudah support dengan aplikasi Google mail, voice search.
2.     Cupcake (v1.5)
Dirilis pada pertengahan mei 2009. Android versi ini dilengkapi software development kit dengan berbagai pembaharuan termasuk penambahan fitur yaitu kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke youtube, serta mendapat dukungan Bluetooth A2DP.
3.     Donut (v1.6)
Dirilis September 2009, pada versi ini menampilkan proses pencarian lebih baik daripada versi sebelumnya. Selain itu si Donat memilki fitur tambahan seperti gallery, kamera, camcorder, serta dilengkapi baterai indicator.
4.     Éclair (v2.1)
Dirilis tepat pada tanggal 3 Desember 2009, perubahan yaitu pengoptimalan hardware, peningkatan versi google maps, peningkatan User Interface, perubahan broser dengan dukungan HTML 5, dukungan flash pada kamera 3,2 MP. Fitur utama dari Éclair ini adalah perubahan total struktur dan tampilan UI.



5.     Froyo (v2.2)
Android Froyo dirilis pada 20 mei 2012. Adroid versi ini memiliki kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali dari versi terdahulunya. Ada penambahan fitur-fitur baru pula seperti dukungan Adobe Flash 10.1, intergrasi V8 Java Script engine yang dipakai Google Chrome yang dapat mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card (.APK files), kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.

6.     Gingerbread (v2.3)
Si Roti Jahe ini  di rilis pada 6 Desember 2010. Perubahan - perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), da dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

7.      HoneyComb (v3.0 / v3.1)
Android Honeycomb di rilis pada awal 2012. Versi Android ini dirancang khusus untuk device dengan layar besar seperti Tablet PC, tapi televise tidak termasuk. Fitur baru yang ada pada Android Honeycomb antara lain yaitu dukungan terhadap prosessor multicore dan grafis dengan hardware acceleration. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena memang khusus didesain untuk tablet. Tablet pertama yang memakai Honeycomb adalah tablet Motorola Xoom yang dirilis bulan Februari 2011 silam.

8.     Ice cream sandwich (v4.0)
Android Ice Cream Sandwich diumumkan secara resmi pada 10 Mei 2011 di ajang Google I/O Developer Conference (San Francisco). Berbeda dengan si kaka, Android Ice Cream Sandwich dapat digunakan baik di smartphone ataupun tablet. Android Ice Cream Sandwich membawa fitur Honeycomb untuk smartphone serta ada penambahan fitur baru seperti membuka kunci dengan pengenalan wajah (face unlock), jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC. Ponsel pertama yang menggunakan system operasi ini adalah Samsung Galaxy Nexus. Pada fitur face unlock, terdapat kelemahan yaitu orang lain dapat membuka perangkat yang menggunakan fitur ini hanya dengan foto sang pemilik perangkat. Memang tidak aman dibandingkan dengan fitur pattern (pola), password atau PIN.

9.    Jelly Bean (v4.1 / v4.2 dan v4.3)
Android Jelly Bean juga diluncurkan pada acara Google I/O 10 Mei 2011 yang lalu. Android versi ini membawa keunggulan dan fitur baru disbanding versi lawas, diantaranya peningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian
melalui Voice Search yang lebih cepat. Versi ini juga dilengkapi Google Now yang dapat memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat pula. Salah satu kemampuannya adalah dapat mengetahui informasi cuaca, lalu-lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga. Sistem operasi Android Jelly Bean 4.1 pertama kali digunakan dalam produk tablet Asus, yakni Google Nexus 7.10. Dan ada Android versi 4.2 Jelly Bean yang memiliki Fitur photo sphere untuk panaroma, daydream sebagai screensaver, power control, lock screen widget, menjalankan banyak user (dalam tablet saja), widget terbaru. Android 4.2 Pertama kali dikenalkan melalui LG Google Nexus 4.  Dan pada versi ini ada peningkatan pula pada fitur face unlock yang kita kenal pada versi Ice Cream Sandwich dimana user harus mengedipkan matanya bila ingin membuka kunci perangkat.

1.Kitkat (v4.4)
Kalau android adalah sebuah keluarga, si Kitkat ini adalah si bungsunya. Kitkat, merk dagang dari Nestle yang berupa coklat batangan enak ini baru saja rilis saat tulisan ini dibuat namun belum ada perangkat yang memakai android versi ini mungkin karena terlalu baru. Dan karena kedekatan build number dengan Jelly bean, si kitkat ini tak banyak perubahan dari si Jelly Bean. Meskipun ada beberapa pembaharuan yang katanya bakal waw, serta menurut informasi android versi ini lebih mengutamakan fungsi TV. Satu harapan penulis bagi android versi ini adalah semoga murah jangan kemahalan harganya.


           

Labels: #android, #INFO, #TECH

Thanks for reading Versi OS pada Android. Please share...!

0 Comment for "Versi OS pada Android"

Back To Top